Semarang, 31 Agustus 2021. Pemerintah telah menetapkan Kota Semarang dalam kategori PPKM Level 2 dalam masa perpanjangan PPKM hingga 6 September 2021 mendatang. Dengan penurunan ini menumbuhkan optimisme pada berbagai pihak. Meski demikian, masyarakat harus tetap disiplin menjaga protokol kesehatan (prokes) dengan ketat.

Penurunan level ini akan berdampak terhadap kebijakan di berbagai sektor, salah satunya yaitu bidang pendidikan terutama terkait dengan Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Tanggal 30 Agustus Cabang Dinas Wilayah I Provinsi Jawa Tengah mulai menyelenggarakan PTM terbatas untuk 14 SMA dan SMK, serta Simulasi PTM untuk 31 SMA dan SMK.

Dengan dimulainya PTM terbatas dan perluasan sekolah penyelenggara simulasi PTM, diharapkan dapat membantu mengurangi banyaknya masalah yang muncul sebagai dampak negatif dari PJJ. Bagi pelajar, pembelajaran secara online membuat siswa tidak maksimal menerima transfer ilmu dari guru.  Keinginan pelajar yaitu segera diijinkan pembelajaran tatap muka. Oleh sebab itu percepatan program vaksinasi pelajar umur 12  – 18 tahun, akan mendorong segera dibukanya pembelajaran tatap muka.

Sekolah Karangturi berkerjasama dengan Perwalian Umat Budha Indonesia (WALUBI) Jawa Tengah serta Dinas Kesehatan Kota Semarang, pada tanggal 31 Agustus 2021 menyelenggarakan vaksinasi pelajar SMP dan SMA Karangturi serta pelajar SMP dan SMA dari luar Sekolah Karangturi Graha Padma dengan jumlah kurang lebih 1300 siswa.

Vaksinasi pelajar menjadi menjadi salah satu poin penting bagi  sekolah dalam  penyelenggaraan pembelajaran tatap muka. Dengan layanan vaksinasi pelajar yang diadakan di Sekolah Karangturi, diharapkan secara khusus SMP dan SMA Karangturi segera mengadakan pembelajaran tatap muka begitu pula sekolah lain yang siswanya juga mengikuti vaksinasi di Sekolah Karangturi segera dapat mengadakan pembelajaran tatap muka.

Sebelumnya Sekolah Karangturi Graha Padma dengan area sekolah yang luas dan infra struktur yang memadai, telah bekerja sama dengan WALUBI dan IKARI (Ikatan Alumni Karangturi) menyelenggarakan vaksinasi usia di atas 18 tahun bagi para Alumni Karangturi dan masyarakat umum. Hal ini sebagai upaya pemutusan dan pencegahan virus COVID-19 terhadap masyarakat Semarang dan sekitarnya. Ini merupakan bagian dari kepedulian Sekolah Karangturi terhadap pandemi Covid-19.