This house believes that Karangturi debaters are tough opponents. Ungkapan tersebut kiranya tepat untuk menggambarkan keberhasilan SMA Karangturi pada lomba debat bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kota Semarang pada tanggal 13 – 14 Mei 2013. Bertempat di SMA N 5 Semarang, Agathon, Ella, dan Angie (semuanya siswa kelas XI) menyabet gelar Juara I setelah 6 dari 7 juri memenangkan mereka pada babak final melawan SMA N 3 Semarang. Gelar tersebut sekaligus melengkapi rekor tidak pernah kalah selama lomba yang berlangsung 2 hari itu.

 

Ke depan, akan dipilih tim baru untuk menjaga eksistensi debat bahasa Inggris baik di lingkungan intern SMA Karangturi maupun di berbagai kancah perlombaan. Mereka yang nantinya terpilih memiliki kesempatan besar untuk mengasah kefasihan berbicara dalam bahasa Inggris dan terlebih lagi untuk menajamkan kemampuan berpikir kritis (critical thinking). Mereka akan dihadapkan pada berbagai isu  yang berkembang di tengah-tengah masyarakat lokal maupun global yang meliputi bidang pendidikan, ekonomi, sosial, politik, dsb. Diharapkan tim baru kelak juga mampu mengukir prestasi di ajang ALSA UI yang merupakan kompetisi debat tahunan terbesar di Indonesia.

 

So, are you the next debaters? Kalau kamu siswa SMA Karangturi, berkepribadian baik, memiliki keterampilan bahasa Inggris (pasif dan aktif) unggul, dan mau belajar, bersiaplah! (Ms. Ima)