Pekan Ilmiah & Kewirausahaan Karangturi (PIKK) SD Karangturi telah dimulai. Acara pembukaan PIKK SD Karangturi dilaksanakan pada hari Kamis (24/2) secara virtual. Kegiatan PIKK 2022 SD Karangturi diawali dengan penayangan video edukatif mengenai percobaan sains yang disimulasikan oleh Bapak/Ibu guru SD Karangturi. 

Antusiasme siswa sangat terlihat ketika menyaksikan video pembukaan yang berisi beberapa percobaan sains. Siswa diajak untuk lebih mengenal tentang beberapa percobaan sains yang ditunjukan. Salah satu percobaan sains yang ditunjukan dalam video pembukaan adalah percobaan gunung meletus. Siswa dibuat takjub ketika miniatur gunung yang seolah seperti gunung yang sesungguhnya karena dapat mengeluarkan asap, api, dan beberapa material. Dalam video juga dijelaskan alat dan bahan apa saja yang digunakan serta bagaimana menggunakannya. 

Setelah menyaksikan video pembukaan tentang beberapa percobaan sains, para siswa semakin antusias untuk mengikuti kegiatan PIKK. Dalam dialog dengan moderator acara, ternyata banyak siswa yang mengutarakan keinginannya untuk menjadi seorang peneliti. Sebuah awal yang baik untuk menghidupi budaya akademik Sekolah Karangturi, yaitu literasi dan riset. (GP)