Pekan Ilmiah & Kewirausahaan (PIKK) SMA Karangturi tahun 2022 telah dimulai pada hari Selasa (22/2). Acara dilaksanakan secara virtual melalui Zoom Meeting dan diramaikan oleh ratusan peserta. Menghadirkan doktor di bidang Computer Science, Dr. Bambang Dwi W, S.Si. M.Kom, acara diawali dengan talkshow bertemakan “Industry 4.0 and Society 5.0”. 

Dalam pemaparannya, dosen di bidang Riset Natural Language Program (NPL) menyampaikan kepada peserta mengenai lahirnya industri 4.0 dan society 5.0. Revolusi industri keempat ditandai dengan transformasi digital dan lahirnya teknologi berupa Artificial Intelligence, Internet of Things, dan blockchain. Sementara society 5.0 dimulai sejak paruh pertama abad 21 dan adanya “super smart society” atau masyarakat yang semakin cerdas dan berkembang di segala bidang.

Selanjutnya, peneliti di Indonesia Cyber Education Institute ini menambahkan bahwa era society 5.0 juga ditandai dengan mulai berkembangnya atau munculnya berbagai kemajuan di segala bidang untuk mempermudah kehidupan manusia. Di era ini manusia berlomba-lomba meningkatkan keterampilan dan kemampuannya untuk menguasai berbagai hal mengikuti tuntutan perkembangan zaman. 

Pada akhir pemaparan, para peserta berkesempatan untuk berdialog langsung dengan Dr. Bambang Dwi W, S.Si. M.Kom. Kesempatan tersebut disambut dengan antusiasme yang tinggi oleh siswa/siswi SMA Karangturi melalui pertanyaan yang menggali lebih dalam mengenai computer science hingga literasi dan riset yang aplikatif. (AT)