Dalam menghidupi budaya akademik Sekolah Karangturi, yaitu literasi dan riset, siswa/siswi SD Karangturi membuat poster yang bertema sampah. Sebelum membuat poster, siswa/siswi  terlebih dahulu melaksanakan literasi dengan melihat film dokumenter tentang sampah. Dari film tersebut, siswa/siswi mencoba menuangkan ide atau gagasan ke dalam poster yang dibuat. Antusiasme siswa/siswi tampak dalam pembuatan poster tentang kegiatan bersih-bersih lingkungan, ajakan untuk tidak membuang sampah sembarangan, bahaya banjir, dan lain-lain. 

Tidak hanya membuat, siswa mencoba mempresentasikan dari poster yang sudah selesai. Dari presentasi ini siswa diajak untuk berpikir kritis tentang bahaya sampah jika dibuang sembarang tempat, dampak yang ditimbulkan serta upaya-upaya yang bisa dilakukan untuk menjaga lingkungan dengan baik salah satunya adalah mendaur ulang sampah menjadi barang serbaguna.

Siswa mencoba mempraktikkan upaya menjaga lingkungan dengan mendaur ulang sampah. Kreasi siswa yang dihasilkan salah satunya membuat telepon dari gelas plastik. Selain menjaga lingkungan, siswa mendapat wawasan baru tentang adanya gelombang suara yang merambat di udara dan benang sebagai media penghantar suaranya melalui telepon yang sudah berhasil dibuat. (GP)